Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Cantik Di Kabupaten Jember

Jika berbicara tentang objek wisata di Kabupaten Jember pasti sudah pasti mengenal Pantai Payangan atau Pantai Papuma. Tidak heran jika kedua objek wisata tersebut sudah sangat maju dan terkenal di kalangan wisatawan. Namun yang harus dipahami disini adalah bahwa obyek wisata di Kabupaten Jember tidak hanya berupa pantai saja, karena Kabupaten Jember memiliki obyek wisata yang sangat banyak dan beragam, baik berupa taman, taman, pemandian maupun air terjun, seperti yang dikatakan travel Jember Malang.

Nah kalau ngomongin air terjun, di Kabupaten Jember ada air terjun yang bernama Air Terjun Watu Ondo, yang banyak menyebutnya sebagai surga tersembunyi di kawasan Jember Selatan. Penasaran kan dengan keindahan air terjun ini? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Lokasi air terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo terletak di wilayah selatan Kabupaten Jember tepatnya di Kabupaten Tempurejo dan masih termasuk dalam kawasan TNMB atau Taman Nasional Meru Betiri. Namun jika ingin datang ke air terjun ini sebaiknya menggunakan sepeda motor daripada menggunakan kereta api, karena jalan menuju tempat tersebut lebih cocok jika menggunakan sepeda motor.

Perjalanan menuju air terjun Watu Ondo

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Jember, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda ke arah selatan, menuju kawasan Tempurejo dengan tujuan dilanjutkan ke perkebunan Kotta Blater. Namun jika melalui jalan selatan bisa terus menuju pusat kecamatan Ambulu, kemudian ambil jalan timur dan ikuti rambu-rambu menuju perkebunan Kotta Blater.

Ada baiknya jika Anda baru masuk ke dalam area perkebunan, Anda akan melalui beberapa portal. Jangan khawatir, jelaskan tujuan kedatangan Anda kepada staf. Namun jangan heran, karena jalan di dalam perkebunan akan sangat berbeda dengan jalan beraspal yang anda lalui sebelumnya, dimana jalan di dalam perkebunan merupakan jalan yang kotor dan berbatu. Meski begitu, kamu akan ditemani pemandangan hijaunya tumbuhan yang khas.

Dari pintu masuk menuju lapangan ini, Anda harus menuju Desa Afdeling Terate, kemudian meninggalkan sepeda motor Anda di rumah penduduk disana dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Mengapa mempercayakan sepeda? Karena begitu sampai di desa Afdeling Terate, jalan menuju air terjun akan semakin sempit dan tidak mungkin dilalui kendaraan.

Menurut Anda, untuk mencapai Air Terjun Watu Ondo membutuhkan banyak tenaga? Ya, tetapi Anda akan mendapatkan banyak keuntungan ketika Anda sampai di tempat itu. Dan berdasarkan beberapa sumber disebutkan bahwa sumber air air terjun Watu Ondo berasal langsung dari gunung tersebut.

Di lokasi ini terdapat tiga air terjun sekaligus dengan nama yang berbeda-beda, dimana nama tersebut diberikan berdasarkan bentuk batuannya. Jika anda menggunakan jasa travel Jember Malang yang pertama akan diajak ke Air terjun disebut Air Terjun Gedhek. Gedhek dalam bahasa Jawa berarti anyaman alang-alang, dan air terjun ini dinamai demikian karena batu yang dilalui air mengalir deras. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang berukuran sekitar 8 meter. Arus air di sini tidak terlalu padat dan terdapat kolam dalam yang besar di bawah, yang memungkinkan Anda untuk berenang di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *