Mengenal Jenis Ayam Broiler

Ayam Broiler atau yang akrab disebut ayam pedaging adalah jenis ayam yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.  Memiliki nama ilmiah Gallus domesticus, ayam broiler memiliki kualitas serta kuantitas daging yang sangat baik. Masa panen yang hanya memerlukan waktu 5-7 minggu membuat ayam jenis ini sangat efektif dalam memenuhi permintaan masyarakat khususnya daging ayam. Tapi tahukah anda jenis-jenis ayam broiler apa saja yang ada di Indonesia?

Ada banyak sekali jenis-jenis atau strain ayam broiler yang dibudidayakan di seluruh dunia. Namun ada beberapa jenis yang dianggap paling mampu untuk beradaptasi di wilayah tropis seperti Indonesia. Salah satunya adalah jenis strain Cobb. Strain Cobb adalah salah satu strain ayam broiler yang paling marak dikonsumsi oleh masyarakat. Memiliki ciri fisik seperti terdapat DOC berbulu hitam diantara DOC yang berwarna kuning serta berbobot 1,8-2 kg. Strain ini berfokus pada perbaikan FCR (Feed Consumption Rate), Heat Stress atau kemudahan adaptasi dengan lingkungan tropis, produksi daging yang efisien, dan pengembangan genetik yang berfokus pada pembentukan daging bagian dada. Maka tidak heran jika strain Cobb tidak hanya populer di Nusantara, karena ayam jenis ini juga banyak diandalkan dalam memproduksi daging di lebih dari 60 negara.

Yang kedua adalah strain Ross. Yang membedakan jenis ini dengan strain Cobb adalah ciri-ciri fisiknya yang memiliki warna bulu kuning semua tidak ada campuran warna lain. Berasal dari persilangan indukan antara bangsa ayam yang berasal dari Inggris dengan ayam Cornish membuat ayam ini memiliki keunggulan seperti laju pertumbuhan yang lebih cepat, fokus pengembangan genetic pada kekuatan kaki yang berfungsi sebagai penyeimbang bobot ayam, serta daya hidup lebih baik.

Edukasi tentang strain ayam broiler sangat penting bagi para pelaku usaha budidaya ayam penghasil daging ini. Mengingat potensi harga ayam broiler hari ini yang sangat menggiurkan yakni bisa mencapai Rp. 14.000 di Jawa Barat tentunya bagi anda yang berminat menjadikan ayam ini sebagai ladang rezeki harus mempunyai ilmu budidayanya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *