Inilah Kelebihan dan Kekurangan Diet Mayo yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki tubuh yang ideal menjadi idaman bagi semua orang, tak hanya bagi wanita saja namun juga bagi para pria. Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, mulai dari olahraga, diet, hingga cara ekstrem melakukan sedot lemak maupun operasi. Namun diantara banyaknya pilihan tersebut, melakukan diet yang disertai dengan olahraga menjadi cara yang banyak diambil oleh mereka yang ingin tubuh ideal. Untuk pilihan diet yang bisa dijalankan ada banyak sekali jenisnya. Salah satu yang cukup populer dan dinilai efektif untuk membantu menurunkan berat badan adalah diet mayo.

Bagi yang belum tahu, diet jenis ini merupakan jenis diet dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan garam. Sering disebut juga dengan nama fad diet oleh para peneliti, jenis diet yang satu ini dikatakan ampuh menurunkan berat badan bukanlah tanpa sebab. Hal ini lantaran garam memiliki sifat mengikat air di dalam tubuh. Dengan membatasi asupan garam, ketika menjalankan diet ini akan sering buang air kecil. Karena tidak adanya air yang terikat dan buang air kecil dengan frekuensi yang lebih sering, membuat berat badan akan lebih mudah turun akibat hilangnya cairan dalam tubuh.

Selain menghindari konsumsi garam dalam diet jenis ini, Anda juga sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya, menghindari konsumsi air es, serta memilih menu makanan yang tepat alias tidak bisa sembarangan. Gaya hidup sehat pun harus mulai dijalankan, seperti berolahraga selama 30 menit tiap harinya agar program diet mendapatkan hasil yang maksimal. Diet jenis ini dilakukan selama 13 hari dengan tidak boleh melanggar pantangan bahkan untuk satu haripun. Jika sampai melanggar, Anda harus mengulangi diet ini dari awal lagi.

Ada baiknya sebelum Anda menjalani diet jenis ini, mencari berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang berencana menurunkan berat badan melalui diet. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki adalah sebagai berikut.

• Kelebihan.
Untuk kelebihan diet jenis ini yang perlu Anda ketahui, antara lain:

 Efektif menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat, karena Anda hanya perlu menjalani diet selama 13 hari agar berat badan semakin berkurang.
 Tubuh yang tidak mengandung garam membuat air didalam tubuh tidak terikat dan lebih sering buang air kecil, imbasnya membuat berat badan cepat turun.
 Cara menjalankan yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis diet yang lain. Bahkan kini banyak sekali catering makanan yang bisa mendukung Anda dalam melakukan diet jenis ini.

• Kekurangan.
Sedangkan untuk beberapa kekurangan dari diet jenis ini yang perlu diketahui, antara lain:

 Mengingat diet hanya dilakukan selama 13 hari, maka setelah diet selesai ada kemungkinan pelaku diet kembali pada pola makan yang semula dan terkadang kurang sehat. Sehingga seringkali mengalami kenaikan berat badan kembali.
 Efek samping tubuh yang tidak mengandung garam membuat pelaku diet lebih sering buang air besar. Hal ini yang rentan membuat pelaku diet lebih mudah mengalami dehidrasi. Sehingga untuk menghindari hal ini terjadi perlu minum air putih yang banyak.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari diet mayo yang sudah disebutkan di atas, nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih jenis diet yang tepat untuk keperluan menurunkan berat badan. Pastikan dalam melakukan diet juga harus dibarengi dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti berolahraga, istirahat cukup, menghindari merokok dan minuman beralkohol, minum air putih dengan cukup, dll.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *