Ruang Guru Bantu Belajar dan Ujian

Aku punya sepupu, namanya Rayan. Saat ini dia menginjak kelas 3 SMA. Sejak kecil, aku dekat sekali dengan dia. Dan setelah kupikir-pikir, Rayan sudah banyak berubah. Dari yang dulunya selalu ikut aku main ke mana pun, sekarang dia sudah jauh lebih mandiri.

Tidak hanya itu, Rayan yang dulu pemalu, saat ini sudah pintar sekali bersosialisasi. Mungkin akhirnya dia menyadari kalau dia itu tipe orang yang ekstrovert. Senang berkumpul dan banyak diskusi dengan orang lain. Waktu kecil, walaupun dia suka mengekori aku, dia memang cukup aktif berbicara.

Tapi ada satu kekurangan Rayan. Dia itu agak malas belajar. Sebenarnya pintar tapi karena malas, nilai raport di sekolahnya tidak terlalu bisa dibanggakan. Dia lebih suka bermain dan berkumpul bersama teman-temannya.

Suatu hari Ibunya bercerita kalau Ia pernah menawarkan Rayan untuk ikut Bimbingan Belajar (Bimbel). Tapi Rayan menolak mentah-mentah. Alasannya karena Bimbel menyita banyak waktu. Waktu untuk belajar dan waktu yang dihabiskan dalam perjalanan ke tempat Bimbel.

Mendengar itu, aku merekomendasikan Ruang Guru. Bimbel online yang bisa dilakukan kapan pun dan mana pun. Agar Rayan tertarik, aku sarankan Ibunya untuk menghasut Rayan dengan menjelaskan kelebihan Ruang Guru. Salah satunya ada materi-materi dan latihan soal, termasuk UNBK Simulasi, yang bisa didiskusikan bersama teman-temannya saat dia bermain.

Dan benar saja, Rayan menerima tawaran untuk Bimbel di Ruang Guru. Rayan benar-benar mendiskusikan materi pelajaran di fitur Ruang Belajar, bersama teman-temannya. Ternyata menurutnya, fitur Ruang Belajar ini seru sekali. Materi pelajaran dikemas Ruang Guru dengan menarikm Bahkan materi rumit menjadi lebih mudah dipahami karena dibungkus dalam video belajar.

Rayan sudah berlangganan Ruang Guru sejak menginjak kelas 1 SMA. Nilai raportnya sudah jauh lebih baik. Tetapi itu saja tidak cukup. Rayan harus banyak berlatih untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untungnya, Ruang Guru juga menyediakan UNBK simulasi.

Banyak sekali siswa siswi yang mengeluhkan UNBK di setiap akhir periode sekolahnya. Setelah 3 tahun belajar di sekolah, siswa dan siswi SD, SMP, dan SMA harus menghadapi UNBK agar dapat lulus dan melanjutkan ke jenjang berikutnya. Belum lagi siswa siswi juga harus melewati Ujian Sekolah yang diadakan sekolahnya masing-masing.

Aku sendiri melihat sistem Ujian Nasional saat ini semakin rumit. Dulu, siswa siswi hanya mengerjakan soal langsung di kertas ujian, seperti ujian kenaikan kelas. Sekarang semua siswa dan siswi harus bisa mengoperasikan komputer dan mengerjakan soal-soal yang unik. Tapi bagus sih, hitung-hitung melatih anak-anak mengikuti perkembangan jaman.

Untuk mempersiapkannya, kamu bisa mengakses UNBK simulasi di Ruang Guru. UNBK simulasi memungkinkan semua siswa berlatih menghadapi soal-soal ujian yang rumit. Prediksinya disertai dengan pembahasan soal. Jadi tidak hanya berlatih, kamu juga bisa lebih mudah memahami soal. Sepupuku sudah mencobanya sendiri loh.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *